ANISAH, BALGIS (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Citra Merek Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen iPhone di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Persaingan di bidang teknologi ponsel membuat perusahaan bersaing untuk menciptakan produk smartphone unggulan. Salah satu perusahaan yang membuat smartphone adalah Apple yang memproduksi iPhone. Apple yang membuat iPhone telah berusaha untuk memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Namun berdasarkan data, ternyata penjualan iPhone tidak sebanding dengan produk smartphone dari perusahaan lainnya. Ada indikasi penurunan kepuasan konsumen yang diindikasikan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen iPhone di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang sudah memakai dan menggunakan iPhone yang berada di kawasan Simpang Lima Kota Semarang, teknik pengambilan sampelnya dengan accidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil olah data dengan menggunakan analisis regresi berganda maka didapatkan hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,001, citra merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000. Selain itu kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk secara bersama-sama juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000. Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pengguna iPhone di Kota Semarang sebesar 93 %.
Actions (login required)