ANDY, SANTOSO (2017) Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Omzet Chrystal Pet Clinic. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Chrystal Pet Clinic adalah klinik hewan yang berlokasi di ruko Telaga Mas Kav 21A, menyediakan berbagai fasilitas seperti rawat inap, grooming, operasi, titip sehat, laboratorium, dan pengecekan lain. Namun dari tahun 2014 – 2016 Chrystal Pet Clinic mengalami penurunan omzet pertahunnya dikarenakan belum adanya media promosi dan persaingan dengan kompetitor yang sudah terkenal sebelum adanya Chrystal Pet Clinic. Perancangan yang dilakukan adalah merancang media promosi yang digunakan untuk meningkatkan omzet klinik dengan segmen yang tepat dan efektif kepada masyarakat Semarang dan kota sekitar. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam perancangan ini adalah data primer yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder meliputi studi literatur berupa referensi dari buku dan internet. Perancangan media promosi ini dilakukan melalui perancangan yang efektif menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) sebagai alat penetapan strategi kreatif dan marketing. Hasil SWOT pada perancangan ini yaitu pembuatan media promosi dengan tema keunggulan 4 dokter hewan dan pelayanan medis yang lengkap guna meningkatkan omzet. Perancangan promosi ini menggunakan media promosi seperti billboard, social media, xbanner, poster, brosur, daftar harga, branding mobil, merchandise, kartu stamp dan boneka maskot. Dalam promosi ini dapat mengenalkan lebih Chrystal Pet Clinic ke jangkauan yang lebih besar dan juga meningkatkan omzet secara signifikan.
Actions (login required)