UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK ESTIMASI NILAI PELAJARAN PADA SD NEGERI 1 MRANGGEN

MUHAMMAD, PRASETYO PUTRA (2017) PENERAPAN ALGORITMA REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK ESTIMASI NILAI PELAJARAN PADA SD NEGERI 1 MRANGGEN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4026b) | Preview

    Abstract

    Sekolah Dasar (SD) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Banyak mata pelajaran yang diajarkan oleh pihak sekolah kepada siswa siswi selama menempuh pendidikan. Hasil belajar disekolah yang diperoleh siswa siswi berbentuk nilai. Dengan memanfaatkan data mining, penulis melakukan penelitian tentang estimasi nilai harian, nilai tugas dan nilai UTS terhadap nilai UAS menggunakan algoritma regresi linear berganda. Yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel nilai harian, nilai tugas dan nilai uts terhadap nilai uas dengan menggunakan algoritma regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan model regresi linear berganda Y = 42,8586 + 0,1409 X1 - 0,1092 X2 + 0,417 X3. Dengan menggunakan algoritma regresi linier berganda, maka diperoleh korelasi antara nilai harian terhadap nilai UAS sebesar 0,5721. Korelasi antara nilai tugas terhadap nilai UAS sebesar 0,2417. Korelasi antara nilai UTS terhadap nilai UAS sebesar 0,2417. Koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,9816 sehingga hubungan antara nilai harian, nilai tugas dan nilai UTS terhadap nilai UAS termasuk kuat. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,9635. Sedangkan hasil estimasi dari model persamaan regresi linier berganda sebesar 19331,9777 dan Root Mean Square Error (RMSE) sebesar 0,63324.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23073

    Actions (login required)

    View Item