NESTY, SETYAWATI DIAN (2017) Analisis Iklan Televisi Bakmi Mewah Versi "Raffi-Indy" Menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Persaingan produk semakin menunjukkan kemajuan periklanan di Indonesia.Banyak produk dipromosikan sedemikian kreatif melalui iklan, salah satunya iklan Bakmi Mewah versi “Raffi Indy”.Melalui iklannya, Bakmi Mewah memperkenalkan inovasi produknya yaitu mie instan dengan topping daging ayam dan jamur asli.Raffi Ahmad dan Indy Barends adalah salah satu artis tersohor yang dipilih Bakmi Mewah sebagai endorser produk di iklan pertamanya.Selain endorser, iklan ini menampilkan produk Bakmi Mewah dengan perpaduan warna emas dan hitam yang mendominasi.Dengan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data-data yang relevan dan menunjang penelitian didapat dari beberapa sumber yaitu berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber yang berkompentensi pada bidang periklanan, sumber tertulis, dan beberapa dokumen berupa foto atau video. Proses analisis dimulai dari melakukan breakdown scene iklan kemudian mengidentifikasi dan mendeskripsikan elemen audio dan visual yang terdapat dalam iklan. Lalu dilanjutkan menganalisis menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes.Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukannya makna dan pesan yang terkandung dalam iklan Bakmi Mewah versi “Raffi-Indy” melalui pendekatan denotasi, konotasi, dan mitos.
Actions (login required)