NURUL, NISWAH ASYIATUL (2017) Perancangan Media Promosi Festival Jenang Solo 2017 : Pesona Jenang Nusantara. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Hari Jadi Kota Surakarta (Solo) diambil saat hari kepindahan Keraton Kartosura ke Desa Sala yaitu pada hari Rabu tanggal 17 Suro tahun Je 1670 (17 Februari 1945). “Boyong Kedathon” yang kepindahan itu ditandai dengan diaraknya 17 macam Jenang dari bekas Keraton Kartosura ke Keraton Surakarta. Pada tahun 2017 ini, Yayasan Jenang Indonesia memilih tema yaitu Pesona Jenang Nusantara karena tidak hanya menampilkan jenang dari Solo saja, namun dari berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, dari tahun ke tahun yang datang ke acara ini adalah masyarakat Kota Surakarta sendiri. Padahal, event ini merupakan event nasional dan pemerintah mengharapkan agar event ini juga menambah daya tarik wisatawan local maupun mancanegara untuk menambah kunjungan wisata di Kota Surakarta. Tujuan perancangan media promosi untuk Festival Jenang Solo 2017 : Pesona Jenang Nusantara adalah untuk mengenalkan event ini tidak hanya untuk masyarakat Kota Surakarta ini sendiri, namun juga di luar kota sampai ke Indonesia. Metodologi yang dipakai untuk riset adalah menggunakan metode diskriptif-kualitatif untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terkompilasi kemudian diimplementasikan sebagai media promosi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kepustakaan, proses produksi media promosi hingga pengaplikasian media promosi. Penelitian menunjukan bahwa masyarakat luar Kota Surakarta banyak yang belum mengenal Festival Jenang Solo. Pada akhirnya, dapat disimpulkan dengan konsep media promosi yang dapat menjangkau seluruh Indonesia dan diharapkan tepat sasaran.
Actions (login required)