LUSI, PRASETYO NOVIANI (2017) Representasi Maskulinitas Dalam Iklan POND`s Men Pollution Out Edisi Rio Dewanto. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
POND's merupakan salah satu produk pembersih wajah dari perusahaan Unilever. Awal mulanya POND's hanya merupakan produk pembersih wajah yang ditujukan untuk wanita, namun seiring perkembangan jaman, banyak kaum pria yang memakai produk POND's sebagai pembersih wajah. Oleh karena itu POND's menciptakan produk pembersih wajah POND's Men yang ditujukan khusus untuk kaum pria. POND's Men diciptakan dengan formulasi khusus yang sesuai untuk kulit wajah kaum pria. Untuk memasarkan produknya, maka POND's menggunakan media iklan televisi. Salah satunya adalah iklan POND's Men Pollution Out edisi Rio Dewanto. Iklan ini dibintangi oleh Rio Dewanto yang merupakan seorang aktor Indonesia. Masalah disini adalah bagaimana maskulinitas di dalam iklan ini dilihat dari alur iklannya serta melalui sosok Rio Dewanto yang membintanginya. Kemudian bagaimana representasi maskulinitas yang terbentuk di dalam iklan ini. Selain itu juga dipaparkan deskripsi mengenai iklan sesuai dengan ranah pengetahuan desain komunikasi visual. Oleh karena itu penulis melakukan analisis dengan menggunakan data - data penunjang analisis di dalam penelitian ini. Penulis menggunakan metode pengumpulan data kualitatif menggunakan teknik analisis interaktif dan setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis. Analisis mengenai representasi maskulinitas dilakukan menggunakan analisis semiotika. Setelah melakukan analisis maka dapat ditemukan mengenai deskripsi iklan beserta maskulinitas dan representasi maskulinitas yang terbentuk melalui tayangan iklan ini.
Actions (login required)