GIGIH, MAHMUD PRADITA (2017) PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY PERUSAHAAN MEBEL "UD BERDIKARI" SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Perusahaan Mebel “UD. BERDIKARI” merupakan perusahaan yang bergerak dibidang mebel dan berlokasi di area Semarang. Namun, karena adanya perubahan bidang usaha dan visi – misi. Logo, dan Corporate yang dimiliki perusahaan saat ini belum dapat merepresentasikan hal diatas, selain itu logo yang di miliki perusahaan saat ini belum dapat memenuhi prinsip – prinsip teori tentang logo yang sesuai, maka perlu dirancang ulang sebuah Corporate Identity agar dapat mencapai sesuai visi – misi baru Perusahaan Mebel “UD. BERDIKARI”. Didalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitaif dan kuantitatif, yang menggunakan analisa deskriptif teori logo Frank Jefkins sebagai analisa pemecah masalah perusahaan, dan menghitung hasil dari penyebaran angket yang dimaksimalkan menggunakan analisa Brainstorming untuk mendapatkan kata kunci yang digunakan dalam perancangan logo atau konsep awal dalam perancangan Corporate Identity. Kata kunci yang didapat yaitu Logo Campuran, Gambar Kursi dan Rumah, Nama Lengkap, Sans Serif, Simetris, Distorsi, dan Analogus. Logo perusahaan diaplikasikan pada identitas visual (neon box), stationary (nota, stempel, kop surat, amplop, label produk, dan kartu nama), seragam karyawan, merchandise (sticker, jam dinding, kalender), media promosi (branding truk), akun media sosial (BBM, Instagram), dan GSM (Grafik Standar Manual). Berdasarkan kesimpulan, penulis memilih media tersebut dikarenakan ingin memperkenalkan identitas dan Corporate Perusahaan Mebel “UD. BERDIKARI” yang telah dirancang yang dapat merepresentasikan citra sesuai visi – misi baru kepada masyarakat, yang berfungsi sebagai pembeda antar perusahaan serupa dan sebagai media promosi secara tidak langsung.
Actions (login required)