MUHAMMAD, DARMAWAN ADHIE (2017) Perilaku Penyerangan NPC Berbasis Fuzzy Sugeno Pada Game Action-RPG Bertema Sejarah Geger Pacinan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3929b) | Preview |
Abstract
Sejarah merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajai karena sangat bermanfaat dalam membangun nilai moral suatu bangsa. Di kota Semarang terdapat peristiwa sejarah yang disebut sebagai Geger Pacinan. Namun sayangnya peristiwa tersebut masih belum banyak dikenal oleh kalangan masyarakat karena kurangnya minat untuk mempelajari sejarah. Permainan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pengenalan sejarah karena sifatnya yang interaktif sehingga membuatnya menjadi lebih menarik untuk dipelajai. Dalam sebuah permainan terdapat berbagai aspek yang membuatnya menjadi lebih menantang seperti karakter NPC (Non-Player Character). Pada dasarnya karakter NPC tidak dijalankan oleh pemain namun dikendalikan oleh sistem komputer. Hal tersebut membuatnya bersifat monton dan kurang dinamis. Metode fuzzy sugeno digunakan untuk mengendalikan perilaku yang dilakukan oleh karater musuh atau NPC dalam bertarung melawan pemain pada permainan action-RPG. Parameter masukan yang digunakan dalam sistem fuzzy adalah health point musuh, health point pemain dan nilai bahaya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem fuzzy dapat menghasilkan nilai aksi yang lebih dinamis sehingga karakter NPC dapat melakukan aksi yang sesuai dengan situasi yang dihadapi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:48 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:48 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23161 |
Actions (login required)
View Item |