NUR, LINTANG HALIMAH (2017) PENERAPAN DATA MINING DALAM PRODUK PENJUALAN PADA INTAN PERMAI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat, apalagi persaingan penjualan sembako. Agar mampu bersaing dengan perusahaan retail lainnya maka Intan Permai harus dituntut untuk mengerti keinginan masyarakat dalam hal pembelian sembako. Dengan memanfaatkan Data penjualan setiap bulanya perusahaan dapat mengetahui produk mana yang banyak di cari masyarakat. Pada data penjualan tersebut akan diolah kedalam clustering yang akan dihitung dengan menggunakan algoritma K-Means dengan memanfaatkan jumlah Quantity pada tiap barang. Sehingga hasil perhitungan tersebut akan menghasilkan banyaknya barang keluar atau dicari, sedangnya barang yg dicari, dan sedikitya barang yang dicari. Sehingga pemilik perusahaan dapat meningkatkan stock barang yang banyak dicari masyarakat sehigga setiap masyarakat membutuhkan barang tersebut masyarakat akan kembali pada perusahaan retail tersebut.
Actions (login required)