RAFIE, MINDRAWA (2017) Penerapan Algoritma kNN dan K-Means untuk Penggolongan Pendapat Masyarakat di Twitter Terhadap PT POS Indonesia. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3826b) | Preview |
Abstract
Kebutuhan akan adanya informasi untuk kemajuan perusahaan dari segi teknologi baik itu internal maupun external, baik itu untuk perusahaan ataupun pelanggan sangatlah penting saat ini. Banyaknya pesaing ataupun dari lokasi yang susah untuk dijangkau mengakibatkan penurunan kepercayanan pelanggan sehingga menyebabkan turunnya penggunaan jasa. Selain hal tersebut juga dapat disebabkan oleh buruknya pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan. Penanganan untuk masalah ini adalah dengan mengolah informasi yang ada pada media sosial tentang perusahaan untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan agar perusahaan dapat terus berkembang dan dipercaya atau digunakan oleh masyarakat. Pengolahan informasi dapat dilakukan dengan menggolongkan pendapat masyarakat kedalam beberapa kelompok. Aplikasi berbasis java untuk penggolongan pendapat dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma perhitungan. Aplikasi akan memberikan hasil berupa pendapat yang memiliki kelompok tertentu baik bedasarkan data yang sudah ada ataupun kemiripan dari data yang lain. Algoritma yang dapat digunakan dalam penggolongan ini adalah salah satunya dengan kNN maupun K-Means. Dengan menggabungkan algoritma tersebut diharapkan menjadikan hasil yang lebih optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 17:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 17:00 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23310 |
Actions (login required)
View Item |