FADIL, HARDANTO MAHETZA (2017) Pengkajian Strategi Komunikasi Visual Media Promosi Event Jogja Japan Week di Yogyakarta Dengan Pendekatan Semiotika Caesar. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Event merupakan sebuah acara yang diselenggarakan demi mencapai suatu tujuan. Dalam mencapai tujuan tersebut, penyelenggara event menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan eventnya agar banyak dikunjungi. Dalam kesempatan ini penulis mengkaji tentang sebuah event yang bernuansa Jepang yaitu Jogja Japan Week. Event ini merupakan sebuah bentuk kerjasama yang terjalin antara Yogyakarta dan Kyoto, Jepang, atas terjalinnya persaudaraan kota (sister city) selama kurang lebih 27 (dua puluh tujuh) tahun. Pada event ini, penulis mengkaji strategi komunikasi visual pada event Jogja Japan Week melalui media promosinya yaitu Logo dan Poster. Event yang dikaji adalah event Jogja Japan Week pada tahun 2012 dan 2015. Dalam mengkaji event ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Caesar dimana dalam menganalisis semiotika, beliau beranggapan bahwa setiap fenomena budaya dapat dikaji sebagai komunikasi. Event ini sendiri merupakan sebuah fenomena budaya yang terjadi setiap dua tahunan sekali. Dalam mengkaji sebuah media promosi, dilakukan pemilahan elemen-elemen media promosi atau disebut breakdown dan yang kemudian dianalisis sesuai dengan teori-teori yang ada. Logo dan poster Jogja Japan Week sendiri memiliki perubahan konsistensi baik dari konten dan layout. Tidak hanya itu, terdapat penambahan ide-ide baru dalam Jogja Japan Week tahun 2015 seperti penambahan tagline dan poster performer individual.
Actions (login required)