AFRIZAL, HAKIM NURUL (2017) Prediksi Tingkat Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3763b) | Preview |
Abstract
Ketatnya persaingan dibidang kuliner membuat perusahaan yang bergerak dibidang kuliner bersaing untuk menarik pelangganya dalam membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk menarik dan mempertahankan para pelanggannya sebuah perusahaan harus dapat memahami secara seksama harapan – harapan apa saja dari pelanggannya sehingga perusahaan harus mengetahaui tingkat kepuasan tiap pelanggannya. Di Rumah Makan Sambel Layah Jl.Indraprasta no 67A Semarang belum terdapat alat untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggannya. Dengan menggunakan teknik kuisioner, didapatkan hasil data kuisioner. Pengolahan data dengan teknik data mining menggunakan Algoritma Naïve Bayes untuk memprediksi tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan data hasil kuisioner yang diolah menggunakan metode Naïve Bayes untuk memprediksi kepuasan pelanggan di Sambel Layah dilakukan empat kali pengujian algoritma, pengujian pertama dengan 80% data latih dan 20% data uji dihasilkan nilai akurasi sebesar 83,33%, pengujian kedua dengan 70% data latih dan 30% data uji dihasilkan nilai akurasi sebesar 86,67%, pengujian ketiga dengan 50% data latih dan 50% data uji dihasilkan nilai akurasi sebesar 94,67%, dan pengujian keempat 40% data latih dan 60% data uji dihasilkan nilai akurasi sebesar 91,11%. Dari keempat pengujian, pengujian ketiga mempunyai tingkat akurasi tertinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 17:07 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 17:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23404 |
Actions (login required)
View Item |