UDiNus Repository

ONE TO ONE MARKETING: PRAKTEK PEMASARAN MODERN MELALUI PEMASARAN PERSONALISASI DAN KUSTOMISASI

Kurniawati, Kezia and Suwarno, Henky Lisan ONE TO ONE MARKETING: PRAKTEK PEMASARAN MODERN MELALUI PEMASARAN PERSONALISASI DAN KUSTOMISASI. Semantik 2011. pp. 64-69. ISSN 979-26-0255-0

[img] PDF
Restricted to Registered users only

Download (427Kb) | Request a copy

    Abstract

    Praktek pemasaran saat ini sudah lagi tidak mengarah pada pemasaran massal, pemasar lebih menekankan pada pemasaran yang lebih ke individual karena dinilai lebih efektif. Praktek pemasaran yang dibahas dalam tulisan ini adalah one to one marketing. One to one marketing merupakan sebuah bentuk segmentasi pemasaran khusus, dengan target segmen berukuran satu. Tipe pemasaran seperti ini terdiri dari pemasaran personalisasi dan pemasaran kustomisasi. Pemasaran personalisasi adalah pemasaran yang dilakukan oleh satu penjual kepada satu target konsumen berdasarkan data pelanggan/konsumen yang dikumpulkan sebelumnya untuk menentukan bauran pemasaran yang tepat bagi konsumen tersebut, sedangkan pemasaran kustomisasi adalah pemasaran yang dilakukan oleh satu penjual kepada satu target konsumen dengan mengikutsertakan keterlibatan konsumen secara proaktif dalam menentukan satu atau lebih elemen dari bauran pemasaran yang ditawarkan oleh penjual sesuai dengan kebutuhan, spesifikasi dan preferensi masing-masing konsumen .Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membahas tentang tantangan utama dalam pelaksanaan one to one marketing yaitu pengumpulan data, mengubah data menjadi wawasan, dan mengoperasionalkannya hasilnya. Selain itu artikel ini juga bertujuan untuk membahas penggunaan pengetahuan dalam memahami pilihan konsumen dalam konteks pemasaran personalisasi dan pemasaran kustomisasi. Hasil yang ingin dicapai adalah pemasaran personalisasi atau pemasaran kustomisasi dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan, dalam hal kemampuan perusahaan untuk memprediksi secara akurat pilihan pelanggan. Sehingga proses ini dapat berkelanjutan dan mengarah pada keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Kata kunci : one to one marketing, personalisasi, kustomisasi

    Item Type: Article
    Subjects: Ilmu Sosial > HB Economic Theory
    Semantik 2013 > HB Economic Theory
    Divisions: Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Informatika
    Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Depositing User: Imanuel Harkespan
    Date Deposited: 28 Jun 2012 10:30
    Last Modified: 22 Dec 2014 13:50
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/27

    Actions (login required)

    View Item