UDiNus Repository

Analisis Penggunaan Handphone Saat Berkendara terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di Semarang

Mahawati, Eni and Prasetya, Jaka (2013) Analisis Penggunaan Handphone Saat Berkendara terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di Semarang. Semantik 2013, 3 (1). pp. 435-442. ISSN 979-26-0266-6

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (326Kb) | Preview

    Abstract

    Teknologi kenyamanan dan keamanan berkendara terus berkembang menyesuaikan kebutuhan dan kondisi terkini di jalanan yang semakin ramai seiring meningkatnya mobilitas manusia. Hal ini berdampak pada semakin padatnya kendaraan di jalan raya dan peningkatan risiko kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas adalah penyebab utama kematian di kalangan anak muda, berusia 15-24 tahun. Lebih dari 90% kematian yang diakibatkannya terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Apabila tidak dilakukan pencegahan dan penanggulangan, kecelakaan lalu lintas diperkirakan mengakibatkan kematian sekitar 1,9 juta orang per tahun pada tahun 2020. Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia menduduki peringkat 2 di dunia (rata-rata 99 korban meninggal per hari ). Menurut data Satlantas Polwiltabes Kota Semarang sepanjang tahun 2011 terdapat 19.839 kejadian kecelakaan lalu lintas. Agus Aji Samekto menemukan bahwa kejadian kecelakaan lalu lintas didominasi kelompok remaja dan mahasiswa. Faktor dominan penyebab kecelakaan lalu lintas adalah unsafe action para pengendara motor. Antara lain penggunaan handphone oleh remaja untuk menelpon, sms maupun mendengarkan musik sambil berkendara. Berbicara atau SMS menggunakan handphone saat berkendara adalah gangguan utama yang menyebabkan kecelakaan . Bahaya langsung bagi pengendara saat adanya panggilan telepon, sementara masalah yang lebih serius saat berbicara menggunakan handphone. Gangguan tersebut diklasifikasikan ke dalam dua kategori yaitu berupa gangguan fisik dan gangguan kognitif (mental) yang terjadi ketika tugas dilakukan bersamaan, yaitu ketika pengendara menggunakan handphone atau hands-free saat berkendara maka harus membagi perhatian antara mengoperasikan handphone dan konsentrasi pada jalur berkendara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku safety riding remaja khususnya dalam penggunaan handphone sambil berkendara dan risikonya terhadap kecelakaan lalu lintas. Jenis penelitian ini adalah survey “cross sectional” dengan populasi penelitian mahasiswa UDINUS dan pelajar SMAN 1 Kota Semarang. Penentuan sampel secara purposive yaitu 50 mahasiswa dan 50 siswa SMA. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner, observasi dan focus group discussion. Data dianalisis secara deskripstif dan analitik untuk mengetahui potensial risiko perilaku berbahaya penggunaan HP pada remaja selama berkendara. Hasil penelitian menunjukkan responden pengendara motor kelompok mahasiswa (usia 19-25 tahun) lebih berisiko dalam hal ini dibandingkan kelompok usia SMA (usia 16-18 tahun). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara umur dengan perilaku penggunaan HP saat berkendara dan kejadian kecelakaan lalu lintas serta adanya hubungan bermakna antara penggunaan handphone dengan kejadian kecelakaan lalu lintas (p value < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku penggunaan Handphone selama berkendara merupakan masalah serius yang harus segera ditangani dengan melibatkan pihak sekolah, kampus, pendidik, orang tua, keluarga serta lingkungan dan pergaulan mereka.

    Item Type: Article
    Subjects: Z Literatur, Sastra > Z719 Kepustakaan (Umum)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: PSI PSI UDinus
    Date Deposited: 19 Nov 2013 15:25
    Last Modified: 12 Dec 2013 14:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/5157

    Actions (login required)

    View Item