UDiNus Repository

Pengaruh E-Comerce Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus Di Bandung

SP, Sri Wiludjeng and Daniarsa, Muhamad (2013) Pengaruh E-Comerce Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus Di Bandung. Semantik 2013, 3 (1). pp. 525-531. ISSN 979-26-0266-6

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (345Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan internet semakin melaju pesat, hal ini ditandai meningkatnya pengguna internet. Internet bukan hanya sekedar menciptakan kemampuan untuk mencari informasi, namun internet sekarang mampu mengubah batasan proses bisnis atau perilaku bisnis. Perilaku pembelian secara online sangat berbeda dengan pembelian secara konvensional atau secara umum. Kaskus mempunyai wadah yang namanya forum jual beli. Wadah ini menampung penjual dan pembeli beriklan, berkomunikasi dan bertransaksi. Proses ini disebut dengan e-comerce, namun tidak hanya faktor e-comerce yang dapat membangun kpuasaan konsumen namun faktor kepercayaan juga ikut andil daalam membangun kepuasan konsumen dalam bertransaksi secara online pada forum jual beli di kaskus Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pengguna tentang e-comerce pada forum jual beli di kaskus Bandung , bagaimana tanggapan tentang kepercayaan konsumen pada forum jual beli di kaskus Bandung, bagaimana tanggapan kepuasan konsumen pada forum jual beli di kaskus Bandung, serta seberapa besar dampak e-comerce dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli di kaskus Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan survey. Analisa data menggunakan regresi berganda (multiple regresion). Hasil penelitian menunjukkan e-comerce dan kepercayaan memberikan dampak yang positif dan significant terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli pada kaskus Bandung. Untuk itu, penelitian ini menyarankan dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen pada forum jual beli pada kaskus Bandung, dengan meningkatkan pelayanan melalui peningkatan keamanan, peningkatan intensitas komunikasi/interaksi serta menggalang recommended seller, hal ini guna meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga menumbuhkan kepuasan konsumen.

    Item Type: Article
    Subjects: Ilmu Sosial > HB Economic Theory
    Semantik 2013 > HB Economic Theory
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: PSI PSI UDinus
    Date Deposited: 20 Nov 2013 08:42
    Last Modified: 12 Dec 2013 14:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/5169

    Actions (login required)

    View Item