Rizal, Sarif Syamsu and Santoso, Budi and Nugroho, R. Arief (2013) Model Pendidikan Keluarga Bagi Wanita Lokal Istri Ekspatriat dalam Menanamkan Nilai Budaya Lokal dan Nilai Positif Budaya Asing pada Anak. Semantik 2013, 3 (1). pp. 478-484. ISSN 979-26-0266-6
Abstract
Makalah yang membahas model pendidikan keluarga bagi wanita lokal istri ekspatriat dalam menanamkan nilai budaya lokal dan nilai budaya asing pada anak ini merupakan hasil penelitian kualitatif ethnografis. Paradigma kualitatif ethnografis digunakan untuk mendapatkan gambaran fenomena pendidikan keluarga wanita lokal Indonesia yang bersuamikan ekspatriat secara alamiah dan sesuai dengan latar tempat dan budayanya dan digunakan untuk mendapatkan deskripsi menyeluruh tentang cara wanita lokal istri ekspatriat memberikan pendidikan keluarga kepada anak serta melihat cara pandang dan bertindak masyarakat sesuai dengan kondisi tempat mereka, melalui pengamatan dan wawancara yang mendetil. Hasil penelitian adalah rancangan model pendidikan keluarga bagi wanita lokal istri ekspatriat untuk menanamkan nilai budaya lokal dan nilai positif budaya asing pada anak adalah model konseptual dan model prosedural. Model konseptual merupakan deskripsi verbal sebuah pandangan atas realitas. Model ini bersifat deskriptif yang mendeskripsikan peristiwa relevan berdasarkan proses deduktif dari logika atau analisis dan juga kesimpulan dari observasi. Model prosedural berbentuk preskriptif yang didefinisikan dengan aturan yang jelas tentang kegiatan-kegiatan,tindakan, tugas, dan hasil kerja yang diperlukan untuk mengembangkan softskill berkualitas tinggi.
Actions (login required)