UDiNus Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MUTU PELAYANAN DI TPPRJ RSUD RA KARTINI JEPARA TAHUN 2013

KIKI, RINIYASTUTI (2013) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MUTU PELAYANAN DI TPPRJ RSUD RA KARTINI JEPARA TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (197Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kepuasan pasien dipengaruhi banyak faktor antara lain perilaku petugas, mutu informasi yang diterima, waktu tunggu,dan fasilitas umum yang tersedia. Berdasarkan hasil survei awal terhadap 10 pasien di Rumah Sakit Umum Daerah RA Kartini Jepara diperoleh gambaran bahwa kepuasan pasien masih rendah, 20% disebabkan kondisi ruang tunggu yang kurang nyaman, 13% disebabkan oleh petugas yang kurang ramah dalam melayani pasien, 17% disebabkan oleh kurangnya kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan dan informasi yang diberikan kepada pasien, 50% disebabkan oleh lamanya antrian di loket pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien dengan mutu pelayanan di TPPRJ RSUD RA. Kartini Jepara. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 75 pasien rawat jalan yang diambil secara Accidental Sampling. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui angket. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji Rank Spearman. Hasil uji Rank Spearman dengan tingkat signifikasi 0,05 adalah ada hubungan antara kepuasan pasien dengan perilaku petugas (p value = 0,001), mutu informasi yang diterima (p value = 0,001), fasilitas umum yang tersedia (p value = 0,001) dan tidak ada hubungan antara waktu antrian (p value = 0,060). Sebagai tindak lanjut, maka disarankan bagi RSUD RA. Kartini Jepara untuk melakukan pelatihan excellence service kepada petugas supaya petugas mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima, memberikan informasi yang baik kepada pasien. Membuat nomor antrian manual dan menambah fasilitas di ruang tunggu pendaftaran supaya pasien tidak jenuh saat mengantri.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:54
      Last Modified: 21 Nov 2014 07:15
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6504

      Actions (login required)

      View Item