UDiNus Repository

PERSEPSI PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KINERJA PETUGAS FILING DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GUNUNG SAWO SEMARANG

WIDODO, (2013) PERSEPSI PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KINERJA PETUGAS FILING DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GUNUNG SAWO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (186Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Kb) | Preview

      Abstract

      Program Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2013 ABSTRAK WIDODO ANALISA PERSEPSI PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KINERJA PETUGAS FILING DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GUNUNG SAWO SEMARANG TAHUN 2013. Dalam memberikan pelayanan yang bermutu perekam medis juga harus memperhatikan tingkat kepuasan sasaran terhadap pelayanan yang diberikan. Rekam medis di rumah sakit ini berdiri sejak tahun 2010. Rekam medis tersebut mempunyai 6 tenaga perekam medis 4 sebagai tenaga pendaftaran rawat inap dan rawat jalan sedangkan 1 petugas merangkap sebagai petugas koding indeksing, analising/reporting, dan visum/asuransi dan satu lagi sebagai filing dan assembling. Rekam medis di rumah sakit Gunung Sawo Semarang baru berdiri tahun 2010 dan masih ada DRM yang disimpan berdasarkan nama pemilik DRM yang disimpan dengan urutan alfabetik Jenis penelitian ini adalah analitik, dengan meode pengumpulan data wawancara dan observasi. Subjek peneletian yang diambil adalah satu ptugas filing dan objek yang diambil adalah empat petugas pendaftaran. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara untuk petugas filing dan pendaftaran, pedoman observasi untuk ketepatan pencarin dan pengambilan DRM dan tabel chek list untuk mengmati faktor-faktor yang mempengarui kinerja filing. Analisa data dengan mereduksi data untuk disajikan kemudian menarik kesimpulan dari hasil peneliian. persepsi keempat petugas pendaftaran terhadap pelayanan petugas filing di Rumah Sakit Ibu dan Anak Gunung Sawo Semarang masih menganggap pelayanan yang dberikan petugas filing sudah baik , bila dilihat seharusnya petugas pendaftaran merasa kurang puas terhadap kinerja petugas filing yang tidak mengambil dan mengantar DRM ke tempat pelayanan pasien dan mengharuskan petugas pendaftaran sendiri yang harus mengambil dan mengantar DRM selain itu ruang filing jauh dari tempat pendaftaran. Tinggi rak terlalu tunggi dan ruang filing yang masih sempit juga menyulitkan petugas pendaftaran dalam pengambilan DRM. peneliti menyimpulkan hal ini dikarenakan petugas pendaftaran menganggap wajar bila harus mengambil dan mengantar DRM sendiri dan antara petugas pendaftaran dan petugas filing terjalin hubungan secara personal dengan baik sehingga petugas pendaftaran merasa harus membantu perkerjaan yang ada d filing. Selain itu peugas pendaftaran merasa perkerjaan di pendaftaran tidak terlalu berat. . Kata Kunci : Persepsi , Pendaftaran, Filing, DRM, petugas Kepustakaan : 7(1993-2002)

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:56
      Last Modified: 21 Nov 2014 05:38
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6578

      Actions (login required)

      View Item