UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA FAKTOR DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN BALAI PENGOBATAN UMUM DI PUSKESMAS PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2012

ARISTA, YANTI NOVI (2013) HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA FAKTOR DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN BALAI PENGOBATAN UMUM DI PUSKESMAS PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2012. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (135Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Mutu pelayanan kesehatan ditunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kesehatan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan, sehingga memberikan kepuasan pada pasien. Persepsi tentang kepuasan pasien dapat dilihat dari lima dimensi yaitu; tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsinevess (ketanggapan), assurance (jaminan) dan empathy (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beberapa faktor dengan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan balai pengobatan umum Puskesmas Pecangaan kabupaten Jepara tahun 2012. Dari hasil survei awal yang telah dilakukan kepada 10 respoden pengguna pelayanan kesehatan balai pengobatan umum, 30% responden merasa puas dan 70% responden merasa kurang puas dengan pelayanan balai pengobatan umum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling terhadap 116 pasien. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap pasien berdasarkan kuesioner, yang selanjutnya data di analisa dengan uji rank spearman. Dari hasil uji rank spearman didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara tangible (bukti langsung) (p value 0,134), reliability (kehandalan) (p value 0,572), responsiveness (ketanggapan) (p value 0,045), assurance (jaminan) (p value 0,157) dengan kepuasan pasien balai pengobatan umum, dan ada hubungan antara empathy (empati) dengan kepuasan pasien balai pengobatan umum (p value 0,0001). Pemantauan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan melalui survei kepuasan pasien secara periodik dan meningkatkan ketrampilan tenaga medis (dokter) dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien, diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:57
      Last Modified: 21 Nov 2014 05:03
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6601

      Actions (login required)

      View Item