UDiNus Repository

Analisa Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Poli Dalam Triwulan I Tahun 2014 Di RSUD Sunan Kalijaga Demak

DEWI, HANDAYANI SRI (2014) Analisa Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Poli Dalam Triwulan I Tahun 2014 Di RSUD Sunan Kalijaga Demak. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (24Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Analisa Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Poli Dalam Triwulan I Tahun 2014 Di RSUD Sunan Kalijaga Demak DEWI SRI HANDAYANI Unit Rawat Jalan atau poliklinik merupakan tempat dimana pasien pertama kali kontak langsung dengan dokter. Sehingga mutu dokter akan sering dinilai dari pelayanan dokter. Baik buruknya dokter dapat dinilai dari sikap, kedisiplinan dan kompetensi yang dimiliki serta kondisi ruang tunggu juga dapat mempengaruhi mutu dalam pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan dokter terhadap pasien di poli dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak triwulan I tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap 90 orang pasien rawat jalan. Berdasarkan kepuasan pasien dari semua peryataan diketahui 44% pasien menyatakan baik dan 56% menyatakan kurang baik .Hasil dimensi mutu pelayanan dokter dapat disimpulkan bahwa terdapat 78% pasien merasa kurang baik terhadap kemampuan (Reliability) dan perhatian (Empati). Hal ini dibuktikan dengan banyaknya hasil yang diperoleh dari pertanyaan kemampuan (Reliability) dokter tidak datang tepat waktu, dan perhatian (Empati) yaitu dokter tidak meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasien. Sebaiknya dokter perlu memperhatikan juga dari kepuasan pasien masih ada yang kurang dalam dokter harus datang tepat waktu, meluangkan waktunya untuk berkomunikasi dan merespon setiap keluhan yang disampaikan pasien. Untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan perlu dipertahankan semua dimensi mutu untuk menjaga kepuasan pasien.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:59
      Last Modified: 21 Nov 2014 02:56
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6682

      Actions (login required)

      View Item