FUZNA, ULINUHA ELSA (2014) KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (104Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fuzna Elsa Ulinuha KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014 Mutu adalah keseluruhan karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen, baik berupa kebutuhan yang dinyatakan maupun kebutuhan yang tersirat. Rawat jalan adalah pelayanan terhadap pasien yang masuk Rumah Sakit untuk keperluan observasi, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa tinggal di ruang rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional . Pengumpulan data terhadap 99 pasien dilakukan dengan cara membagikan angket / kusioner Hasil penelitian menunjukkan 56,56% responden puas terhadap tindakan yang cepat dan tepat terhadap pemeriksaan, pengobatan dan perawatan (reability) 54,54% responden puas dokter dan perawat yang memberikan reaksi cepat dan tanggap dan reponden tidak puas sebanyak 10,10% dalam aspek prosedur pelayanan yang tidak berbelit – belit (responsiveness), 51,51% responden puas dengan adanya jaminan keamanan dan Kepercayaan dan responden tidak puas dalam sebesar 14,14% dalam aspek kemampuan para dokter dalam menetapkan diagnosis penyakit (assurance), 56,56% responden puas di kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pasien (emphaty), 58,58% pasien puas terhadap kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan (tangibles). Peningkatan keterampilan pelayanan prima kepada tenaga medis dan non medis dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rawat jalan, serta evaluasi mutu pelayanan rawat jalan secara periodik diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 14:01 |
Last Modified: | 21 Nov 2014 02:15 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6709 |
Actions (login required)
View Item |