UDiNus Repository

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Uks Pada Guru Sekolah Dasar Se-Wilayah Puskesmas Pegandan Semarang 2010

DEVITA, ARYASTUTI (1970) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Uks Pada Guru Sekolah Dasar Se-Wilayah Puskesmas Pegandan Semarang 2010. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (41Kb) | Preview

    Abstract

    Pembangunan kesehatan sekolah diwujudkan dengan UKS khususnya di tingkat SD, yang pelaksanaanya diserahkan pada guru UKS. Di wilayah Puskesmas Pegandan terdapat 28 SD yang tersebar di 8 Kelurahan baik negeri maupun swasta. Di semua sekolah sudah mempunyai UKS masing – masing, namun di setiap sekolahan memiliki tingkat pelaksanaan UKS yang berbeda – beda. Dari survei awal yang dilakukan, hampir 25% SD dari jumlah keseluruhan pelaksanaan UKS nya masih kurang. Indikator keberhasilan pelaksanaan UKS ditandai dengan berjalannya kegiatan atau program UKS denagn lancar, memiliki ketersediaan sarana dan prasarana UKS yang cukup memadai, serata mendapat dukungan dari beberapa pihak dalam maupun luar sekolah. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap, ketersediaan sarana, dan dukungan dari pihak terkait dengan praktik guru dalam pelaksanaan UKS di SD se wilayah Puskesmas Pegandan Semarang. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru UKS. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan kuesioner. Uji hubungan variabel penelitian menggunakan uji korelasi Chi Square (? 0,05) Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan praktik guru dalam pelaksanaan UKS (p value 0,420), tidak ada hubungan antara sikap dengan praktik guru dalam pelaksanaan UKS (p value 0,699), tidak ada hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan praktik guru dalam pelaksanaan UKS (p value 0,699) dan tidak ada hubungan dukungan dari pihak terkait dengan praktik guru dalam pelaksanaan UKS (p value 0,430). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan adanya peningkatan pengetahuan guru UKS melalui pendampingan dan pelatihan oleh petugas puskesmas atau dinas kesehatan, perlunya peningkatan kesadaran diri oleh guru UKS maupun warga sekolah lainnya agar pelaksanaan UKS di sekolah lebih maksimal, perlunya sarana dan prasarana yang kurang dapat diperbaiki untuk menunjang pelaksanaan kegiatan UKS di sekolah dan perlunya kerjasama antara pihak terkait lebih ditingkatkan agar pelaksanaan UKS di sekolah lebih maksimal.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:18
    Last Modified: 21 Nov 2014 01:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7266

    Actions (login required)

    View Item