UDiNus Repository

BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TPPRJ PUSKESMAS MANGKANG SEMARANG TAHUN 2009

AMELIA, RAMADHONA (1970) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TPPRJ PUSKESMAS MANGKANG SEMARANG TAHUN 2009. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (65Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam rangka mencapai pelayanan kesehatan Puskesmas yang bermutu dan terjangkau, perlu diselenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi serta pelayanan kesehatan yang memuaskan pelanggan. Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya ketidakpuasan pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangkang yang didasarkan pada data kunjungan pasien tiga bulan terakhir, yaitu Oktober = 3358, November = 3178, Desember = 3151 yang mempunyai kecenderungan menurun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di TPPRJ Puskesmas Mangkang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan Explanatory Research dan Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan Cross Sectional Study. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 97 responden yang berobat di Puskesmas Mangkang dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik untuk mengetahui hubungan antara variable bebas dengan terikat menggunakan uji Chi Square, dan uji alternatif Fisher exact. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa : Tidak ada hubungan antara keramahan petugas dengan tingkat kepuasan pasien (p value = 0,872), Tidak ada hubungan antara respon petugas dengan kepuasan tingkat kepuasan pasien (p value = 0,364), Tidak ada hubungan antara komunikasi petugas dengan tingkat kepuasan pasien (p value = 0,064), Ada hubungan antara kenyamanan ruang tunggu dengan tingkat kepuasan pasien (p value = 0,001), Tidak ada hubungan antara lama tunggu pasien dengan tingkat kepuasan pasien (p value = 0,712). Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas diharapkan dari petugas Puskesmas dapat menerapkan manajemen interpersonal sesuai dengan standar yang ada meliputi keramahan petugas, respon petugas, komunikasi petugas, kenyamanan ruang tunggu, dan lama tunggu pasien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:20
    Last Modified: 21 Nov 2014 00:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7301

    Actions (login required)

    View Item