UNSPECIFIED (1970) ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN LAMA DI URJ RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2008. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
Full text not available from this repository.Abstract
Unit Rawat jalan (URJ) adalah salah satu bagian pelayanan klinis yang melayani pasien untuk berobat jalan.Poliklinik di rumah sakit biasanya lebih dari satu sesuai dengan jenis pelayanan dokter dan pelayanan kesehatan lain tergantung kemampuan rumah sakit. Berdasarkan laporan petugas di Unit Rawat Jalan RSUD Tugurejo Semarang, banyak terjadi keterlambatan dokumen rekam medis misalnya, pasien yang datang untuk berobat kembali (kontrol) padahal pasien tersebut habis dirawat inap dan dokumen rekam medisnya belum dikembalikan di filling, sehingga pasien menunggu lama dipoliklinik yang dituju. Sehingga mengakibatkan pelayanan lebih lambat dan dapat berdampak negatif terhadap mutu pelayanan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai faktor-faktor penyebab keterlambatan dokumen rekam medis dilihat dari 5m (man, matherial, machines, methode, money) tahun 2008. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode observasi dan dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Unit Rekam Medis RSUD Tugurejo Semarang dan objek penelitian ini adalah dokumen rekam medis. Instumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di RSUD Tugurejo Semarang, penyebab terjadinya keterlambatan dokumen rekam medis adalah petugas kurir masih merangkap menjadi petugas dibagian filling, lambatnya pendistribusian dokumen rekam medis karena kurir harus naik turun dari poliklinik atas ke poliklinik bawah dan tidak adanya sarana prasarana yang digunakan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa petugas kurir di RSUD Tugurejo Semarang, masih merangkap menjadi petugas dibagian filling, dengan adanya dua petugas kurir maka, pendistribusian dokumen rekam medis dibagi menjadi dua yaitu satu petugas mendistribusikan dokumen rekam medis dilantai dua dan satu petugas dilantai satu, dan untuk mempersingkat pendistribusian dokumen rekam medis kurir menggunakan lift untuk turun kelantai bawah tanpa melewati tangga.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2014 15:21 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7327 |
Actions (login required)
View Item |