UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEDATANGAN DAN TINGKAT PELAYANAN DENGAN RATA – RATA PANJANG ANTRIAN DI TPPRJ PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG PERIODE MARET 2008

EKARIZKY, PERTIWI (1970) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEDATANGAN DAN TINGKAT PELAYANAN DENGAN RATA – RATA PANJANG ANTRIAN DI TPPRJ PUSKESMAS TLOGOSARI KULON SEMARANG PERIODE MARET 2008. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (47Kb) | Preview

    Abstract

    Tempat penerimaan pasien rawat jalan (TPPRJ) merupakan tempat pertama terjadinya kontak dengan pengguna jasa pelayanan, sehingga kadang – kadang dijadikan tolak ukur terhadap baik buruknya pelayanan puskesmas secara keseluruhan. Jika tingkat pelayanan yang diberikan lebih kecil daripada tingkat kedatangan maka akan terjadi antrian. Antrian yang panjang, membuat seseorang merasa tidak nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan dengan rata – rata panjang antrian di TPPRJ Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang Periode Maret 2008. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik explanatory research dengan metode survei, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel yang diteliti adalah pasien yang mendaftar selama 15 jam (3 jam x 5 hari kerja) waktu pelayanan di TPPRJ Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang, sejumlah 695 pasien. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata antrian yang panjang lebih banyak terdapat pada tingkat kedatangan sedikit (60%) dan tingkat pelayanan cepat (22,2%). Hasil analisis statistik menunjukkan ada hubungan antara tingkat kedatangan dengan rata – rata panjang antrian (p = 0,003, rho = 0,707, hubungannya kuat dan searah), tidak terdapat hubungan tingkat pelayanan dengan rata – rata panjang antrian (p = 0,810). Dalam rangka mencegah antrian pasien yang panjang disarankan kepada Puskesmas Tlogosari Kulon agar membuat Standard Operating Procedure (SOP), menyiapkan nomor antrian 15 menit sebelum pelayanan dimulai, membuka loket baru pada jam – jam sibuk, yaitu jam 08.00 – 08.59, memberikan pelayanan melalui telepon dan meningkatkan fasilitas di ruang tunggu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:22
    Last Modified: 21 Nov 2014 00:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7372

    Actions (login required)

    View Item