NDARUMAS, PURITANINGTYAS (1970) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Balai Pengobatan Umum di Puskesmas Manyaran Semarang 2007. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (10Kb) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan dapat diketahui dengan penilaian/ pengukuran baik terhadap tingkat kesempurnaan, sifat, totalitas dari wujud serta ciri dan ataupun tingkat kepatuhan. Cara melakukan pengukuran kualitas adalah mengetahui persepsi penilaian kualitas dari pemakai jasa dan pelaksana pelayanan secara umum mengenai dimensi kualitas pelayanan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dan metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional . Uji statistik untuk mengetahui ada hubungan dengan skala interval adalah uji korelasi product moment. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi kuesioner oleh responden sebanyak 81 orang yang ada di Puskesmas Manyaran Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara bukti langsung dengan kepuasan pasien (p value : 0,017 dan koefisien korelasi : 0,265), keterhandalan dengan kepuasan pasien (p value : 0,023 dan koefisien korelasi : 0,252), daya tanggap dengan kepuasan pasien (p value : 0,000 dan koefisien korelasi : 0,381), jaminan dengan kepuasan pasien (p value : 0,047 dan koefisien korelasi : 0,222), empati dengan kepuasan pasien (p value : 0,037 dan koefisien korelasi : 0,233). Untuk meningkatkan bukti langsung, keterhandalan, daya tanggap, jaminan, empati dalam memberikan pelayanan kesehatan perlu dilakukannya pembinaan, monitoring dan evaluasi secara periodik terhadap tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Manyaran Semarang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:24 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 23:16 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7442 |
Actions (login required)
View Item |