UMI, LESTARI (1970) Hubungan antara Pelaksanaan SOP (Standard Operating Procedure) Pelayanan Pencabutan Gigi Dengan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Pencabutan Gigi di Puskesmas Manyaran Kota Semarang Tahun 2007. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (3588b) | Preview |
Abstract
Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat, termasuk pelayanan kesehatan gigi yang bermutu secara adil dan merata. Kebijakan Dinas Kesehatan bahwa pada kunjungan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas adalah 10% dari jumlah kunjungan poli umum. Pada survei awal ternyata kunjungan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Manyaran hanya mencapai 1414 pasien dari target jumlah kunjungan sebesar 1516 pasien dari 10% jumlah kunjungan poli umum sebesar 15160 pasien. Salah satu pendekatan untuk mengetahui mutu proses pelayanan kesehatan adalah menilai apakah proses pelayanan kesehatan tersebut telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Apabila suatu proses pelayanan kesehatan telah sesuai dengan kebijakan tertentu atau standar yang telah ditetapkan maka diharapkan baiknya mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan standard operating procedure (SOP) pelayanan pencabutan gigi dengan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan pencabutan gigi di Puskesmas Manyaran kota Semarang tahun 2007. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Sample penelitian adalah pasien yang mendapat pelayanan pencabutan gigi di Puskesmas Manyaran dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan uji Pearson Product Moment didapatkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan standard operating procedure (SOP) dengan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan pencabutan gigi nilai (P value = 0,001) dan arah hubungan yang positif serta keeratan hubungan yang cukup kuat ( r =0,536 ). Berdasarkan hasil penelitian dengan adanya hubungan antara pelaksanaan standard operating procedure (SOP) pelayanan pencabutan gigi dengan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan pencabutan gigi, hendaknya petugas memberikan instruksi pasca pencabutan yang sesuai dengan SOP, penjelasan dan sosialisasi SOP oleh kepala Puskesmas terhadap dokter dan perawat disertai pemasangan SOP di ruang pelayanan, sehingga SOP pencabutan gigi bisa dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:24 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 23:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7453 |
Actions (login required)
View Item |