SICILIA, (1970) Sistem Informasi Pelayanan Permintaan Peralatan Kantor Pada RSUD Tugurejo Semarang 2007. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (50Kb) | Preview |
Abstract
Salah satu pelayanan administrasi umum yang mendukung kegiatan sehari – hari di Rawat jalan, Rawat Inap, Unit Gawat Darurat (UGD) adalah logistic non medis seperti peralatan kantor. Proses pelayanan permintaan peralatan kantor di RSUD Tugurejo Semarang dalam melakukan kegiatannya menggunakan formulir permintaan barang. Namun informasi yang dihasilkan masih sering terlambat dan tidak akurat. Hal ini disebabkan sistem pencatatan yang dilakukan secara manual oleh petugas. Oleh sebab itu diperlukan sistem informasi pelayanan permintaan peralatan kantor Berbasis Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan sistem informasi pelayanan permintaan peralatan kantor pada RSUD Tugurejo Semarang. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi adalah dengan metode Daur Hidup Pengembangan Sistem atau SDLC (Sistem Development Life Cycle) dengan tahap investigasi awal, tahap perancangan, tahap konstruksi, tahap implementasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku – pelaku sitem informasi pelayanan permintaan peralatan kantor meliputi Bagian, Petugas Gudang, Ka. Rumah Tangga, Direktur. Pelaku – pelaku dan hubungan antar fungsi tersebut Bagian (pengguna) sebagai yang meminta peralatan kantor. Petugas Gudang sebagai memberikan peralatan kantor yang dibutuhkan oleh pengguna, menginput, mengolah data serta membuat laporan untuk diserahkan kepada Ka. Rumah Tangga dan Direktur. Kepala Rumah Tangga sebagai pemberi persetujuan dan pertimbangan terhadap laporan yang masuk sebelum laporan tersebut diserahkan ke Direktur. Direktur sebagai pemberi persetujuan atas laporan yang masuk. Dari hasil observasi tersebut dan wawancara dengan para pelaku dihasilakn Sistem Informasi Pelayanan Permintaan Peraltan Knator Bebasis Komputer. Berdasarkan hasil rancangan sistem informasi tersebut maka diperlukan hardware computer untuk server, computer untuk workstation, perlengkapan jaringan. Kebutuhan software yaitu sistem operasional, bahasa pemrogaram yang digunakan, identifikasi sumber daya manusia, identifikasi kebutuhan biaya dan manfaat, topologi jaringan computer. Kelayakan operasional yaitu pemilihan personil, pelatihan pesonil, pengetesan sistem, konversi sistem, kelayakan hokum, perawatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:25 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 23:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7455 |
Actions (login required)
View Item |