UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS BOJA 2005

DEWI, WIDYANINGSIH (1970) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS BOJA 2005. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (74Kb) | Preview

    Abstract

    Kompetisi yang semakin meningkat dalam dunia kesehatan menuntut pihak puskesmas untuk memperhatikan mutu pelayanan rawat inap. Kunjungan pasien dari bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2005 pasien rawat inap di Puskesmas Boja mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah pasien dipengaruhi oleh mutu pelayanan yang diberikan oleh puskesmas. Pasien yang berobat di Puskesmas Boja dari berbagai wilayah dan latar belakang yang berbeda. Persepsi sering dipengaruhi oleh motif, kepentingan, pengalaman dan harapan. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara karakteristik dengan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan rawat inap. Metode penelitian adalah metode survey dengan penelitian explanatory research dan pendekatan secara Cross sectional. Jumlah responden sebanyak 75 orang, mereka adalah pasien rawat inap yang mempunyai kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan kuesioner. Uji statistik untuk mengetahui hubungan dengan skala ordinal dan ordinal adalah uji korelasi Rank spearman sedangkan untuk skala nominal dan ordinal adalah uji Chi square. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara umur dengan persepsi mutu pelayanan (pValue 0,01 dan rho 0,295), ada hubungan antara pendidikan dengan persepsi mutu pelayanan (pValue 0,001 dan rho -0,540), tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan persepsi mutu pelayanan (pValue 0,074 dan C 0,255), tidak ada hubungan antara pekerjaan dengan persepsi mutu pelayanan (pValue 1 dan C 0,012). Untuk itu, peneliti menyarankan agar puskesmas tetap meningkatkan mutu pelayanan menjadi lebih baik, itu akan membuat pasien mempunyai persepsi yang baik, sehingga kunjungan pasien akan terus meningkat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:26
    Last Modified: 20 Nov 2014 22:33
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7503

    Actions (login required)

    View Item