ENNI, WULANDARI (1970) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI BALAI PENGOBATAN PUSKESMAS BULU LOR SEMARANG TAHUN 2012. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Survei awal yang dilakukan terhadap 20 responden, 75% responden menyatakan tidak puas terhadap pelayanan rawat jalan yang disebabkan oleh waktu tunggu pasien di loket yang lama, antrian di loket yang panjang, dan saat berobat pasien jarang dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan kesehatan dib alai pengobatan Puskesmas Bulu Lor Semarang tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling terhadap 94 responden. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terhadap pasien denagan analisa data dengan Uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mutu pelayanan administrasi cukup baik (50%), mutu pelayanan dokter cukup baik (60,6%), mutu pelayanan obat kurang baik (69,1%). Ada hubungan antara mutu pelayanan administrasi (p value 0,0001), mutu pelayanan dokter (p value 0,003) dan mutu pelayanan obat (p value 0,037) dengan kepuasan pasien. Berdasarkan penelitian diatas, maka perlu melakukan pemantauan dan evaluasi mutu pelayanan secara rutin setiap tahun melalui survey kepuasan konsumen (penjaminan mutu), menindak lanjuti hasil survei kepuasan konsumen dan peningkatan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien melalui excellence service training.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:29 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 21:06 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7627 |
Actions (login required)
View Item |