UDiNus Repository

SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KUNDURAN KABUPATEN BLORA

ALEN, KRISTIAWAN BUDI (1970) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KUNDURAN KABUPATEN BLORA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tempat pelayanan pendaftaran pasien rawat inap di Puskesmas Kunduran Kabupaten Blora sistem pencatatan data pasien masih berupa manual yaitu dalam buku register, yang kemudian dibuat rekapan jumlah kunjungan pasien rawat inap sedangkan pengisian data dicatat pada formulir dan buku register antara lain Kartu Indeks Utama Pasien (KIUP), register rawat inap, buku nomor indeks dan kartu status. Bila pasien datang tidak membawa KIUP maka harus dicek dulu sehingga perlu menunggu bila tidak ketemu dan harus dibuatkan KIUP yang baru sehingga akan terjadi data ganda. Oleh karenanya diperlukan suatu sistem informasi yang menghasilkan informasi secara cepat dan mudah dalam prosses pendaftaran pasien rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien rawat inap di Puskesmas Kunduran Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R and D) atau penelitian dan pengembangan yaitu suatu proses atau langkah – langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Data penelitian dikumpulkan dari observasi dan wawancara kepada pelaku sistem,pengembangan sistem dilakukan dengan metode SDLC. Dari hasil penelitian sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien rawat inap yang berjalan pada saat ini diketahui database dalam sistem informasi pandaftaran pasien rawat inap yaitu : data pasien, data cara bayar, data dokter, data petugas pendaftaran, data wilayah, data keluarga, data pendaftaran, dan data kamar. Fungsi yang terkait dalam pelayanan pendaftaran pasien rawat inap adalah pasien, petugas pendaftaran, petugas rekam medis dan Kepala Puskesmas. Informasi yang dihasilkan dalam sistem informasi rawat inap adalah data pasien, informasi kamar, laporan cara bayar dan laporan kunjungan pasien perwilayah. Sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien rawat inap yang dibuat dapat mempermudah dalam pencatatan dan pelaporan. Untuk menjalankan sistem informasi rawat inap adanya pembatasan hak akses yaitu Kepala Puskesmas, petugas pendaftaran, rekam medis. harus ada sarana dan prasarana dari Puskesmas Kunduran, dan perawatan sistem dan hardware.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:30
    Last Modified: 20 Nov 2014 20:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7670

    Actions (login required)

    View Item