UDiNus Repository

PERBEDAAN MUTU PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DAN PASIEN UMUM DI BAGIAN TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RS.Dr.H.SOEWONDO KENDAL TAHUN 2012

JESSY, PUSPORIANTO (2012) PERBEDAAN MUTU PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DAN PASIEN UMUM DI BAGIAN TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RS.Dr.H.SOEWONDO KENDAL TAHUN 2012. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2012 ABSTRAK JESSY PUSPO RIANTO PERBEDAAN MUTU PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DAN PASIEN UMUM DI BAGIAN TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RS.Dr.H.SOEWONDO KENDAL TAHUN 2012 Mutu pelayanan sendiri dapat di jelaskan sebagai proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan kesehatan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pasien akan merasa terpuaskan, Berdasarkan survei awal yang saya lakukan di rumah sakit Dr. H. Soewondo Kendal di temukan adanya prosedural yang di tetapkan oleh rumah sakit itu sendiri sehingga proses pelaksanaannya akan Membutuhkan waktu lama dalam proses kesejahteraan kesehatan masyarakat,Sehingga pasien jamkesmas tidak memanfaatkan fasilitas yang di berikan untuk mendapatkan pelayanan yang gratis karena lebih mementingkan pelayanan yang lebih cepat dan membayar biaya perawatan itu sendiri Penelitian ini menggunakan menggunakan metode observasi dengan pendekatan crossectional dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan populasi dari penelitian ini adalah 731 pasien jamkesmas dan 1861 pasien umum jumlah kunjungan pasien jamkesmas dan pasien umum bulan maret sampai juni 2012 sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 pasien jamkesmas dan 94 pasien umum yang diambil dengan menggunakan teknik sampel random sampling sedangkan untuk pengolahan data menggunakan rumus sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat di hasilkan angka prosentase kunjungan pasien jamkesmas mencapai 85,2 % dan pasien umum mencapai 90,42 %. hal ini menunjukan bahwa penilaian terhadap mutu pelayanan pasien jamkesmas dan pasien umum di Rumah sakit Dr. H. Soewondo Kendal sudah sangat bagus karena target yang di inginkan sudah tercapai. Berdasarkan hasil pengamatan dapat di simpulkan bahwa kunjungan pasien umum lebih banyak di bandingkan pasien jamkesmas. Karena proses pendaftaran pasien umum lebih cepat daripada pasien jamkesmas, oleh sebab itu perlu ada penambahan petugas loket pendaftaran dan kurir sehingga proses pendaftarannya bisa lebih cepat dan pasien dapat terpuaskan. Kata kunci : Mutu Pelayanan Rs. Dr. H. Soewondo kendal Kepustakaan : 9 buah (1997-2011)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:31
    Last Modified: 20 Nov 2014 20:05
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7711

    Actions (login required)

    View Item