UDiNus Repository

Dimensi Mutu Pelayanan Menurut Pasien Jamkesmas di Puskesmas Bulu Lor Semarang Tahun 2013

KARMELIA, BURA MARTHA (2013) Dimensi Mutu Pelayanan Menurut Pasien Jamkesmas di Puskesmas Bulu Lor Semarang Tahun 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (205Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dinilai banyak pihak masih jauh dari harapan yang diinginkan. Berdasarkan survei awal yang dilakukan pada sepuluh responden didapatkan keluhan di antaranya mengeluhkan mengenai pelayanan petugas BP Umum, 50% responden menyatakan dalam melakukan pemeriksaan petugas selalu tergesa-gesa, 80% responden menyatakan petugas tidak memberikan informasi yang jelas mengenai penyakit pasien dan petugas kurang ramah dalam pelayanan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dimensi mutu pelayanan pasien Jamkesmas di BP Umum Puskesmas Bulu Lor Semarang tahun 2013 . Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kuantitatif . Sampel sebanyak 100 pasien, yang diambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan dimensi mutu kenyamanan pasien Jamkesmas sebagian besar cukup sebanyak 66 %. Namun masih terdapat beberapa masalah yaitu ruang tunggu puskesmas yang tidak bersih sebanyak 69%, petugas kesehatan berpenampilan tidak rapih sebanyak 62%. Dimensi mutu informasi pasien Jamkesmas sebagian besar cukup sebanyak 68 %. Namun masih terdapat beberapa masalah yaitu petugas kesehatan memberikan informasi yang tidak lengkap tentang penyakit pasien sebanyak 62%, petugas kesehatan tidak memberikan informasi pelayanan kesehatan lanjutan yang dibutuhkan pasien sebanyak 55 %. Dimensi mutu hubungan antar manusia sebagian besar cukup sebanyak cukup sebanyak 63,0%. Namun masih terdapat beberapa masalah yaitu petugas kesehatan bersikap tidak ramah dalam memberikan pelayanan sebanyak 55 %, petugas kesehatan tidak mendengarkan keluhan pasien sebanyak 69 %. Peningkatan pemahaman dan keterampilan petugas kesehatan melalui pelatihan pelayanan prima dan Evaluasi mutu pelayanan balai pengobatan umum melalui pemberian angket atau kuesioner pada pasien secara periodik.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 15:32
      Last Modified: 20 Nov 2014 18:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7768

      Actions (login required)

      View Item