UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA TRIAS UKS DENGAN PELAKSANAAN PHBS PADA MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLALANGAN 01 DAN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI SEMARANG 2013

LILIA, KUSUMA INDAH (2013) HUBUNGAN ANTARA TRIAS UKS DENGAN PELAKSANAAN PHBS PADA MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLALANGAN 01 DAN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI SEMARANG 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (247Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Kb) | Preview

      Abstract

      Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Dian Nuswantoro Semarang 2013 ABSTRAK Lilia Indah Kusuma HUBUNGAN ANTARA TRIAS UKS DENGAN PELAKSANAAN PHBS PADA MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLALANGAN 01 DAN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI SEMARANG 2013 xvii +69 Hal+ 16 Tabel+ 2 Gambar+ 5 lampiran Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta mensosialisasikan informasi/pendidikan kesehatan sekolah, memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan, serta berperan aktif dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Melalui program UKS diharapkan anak sekolah dapat menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terhadap pembudayaan perilaku hidup sehat di lingkungan keluarga dan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalaha untuk mengetahui hubungan antara Trias UKS dengan pelaksanaan PHBS pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Palangan 01 dan 04 Gunungpati Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri Plalangan 01 dan 04 yang berjumlah 129 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling proporsional sebanyak 56 sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis hubungan menggunakan uji Chi Square dan uji Fisher Exact. Hasil analisis univariat menunjukkan pendidikan kesehatan dalam pelaksanaan PHBS termasuk kategori baik sebesar 69,6%, pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan PHBS termasuk kategori baik sebesar 82,1%, pembinaan lingkungan sekolah sehat dalam pelaksanaan PHBS termasuk kategori baik sebesar 89,3% dan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat termasuk kategori baik sebesar 62,5%. Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan antara pendidikan kesehatan (p value 0,030), tidak ada hubungan antara pelayanan (p value 0,476) dan ada hubungan antara pembinaan lingkungan sekolah sehat (p value 0,024) dengan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat. Penggunaan metode interaktif dalam pendidikan,mengoptimalisasi peran dokter kecil. Diharapkan dapat meningkatkan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat serta kerjasama antara pihak terkait meliputi kepala sekolah, guru serta stakeholder di lingkungan sekolah, seperti Puskesmas, Posyandu, Rumah Sakit.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 15:33
      Last Modified: 20 Nov 2014 18:15
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7788

      Actions (login required)

      View Item