UDiNus Repository

Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD R.A Kartini Jepara Tahun 2012

ITA, INAYAH (2013) Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD R.A Kartini Jepara Tahun 2012. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Untuk menghitung tingkat kepuasan pasien di rawat jalan apakah pasien merasa puas atau tidak dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas, dokter, maupun perawat dari bagian URJ harus ada kerjasama yang baik antara petugas dengan pasien salah satu diantaranya adalah kompetensi petugas, hubungan interpersonal serta kenyamanan dan kenikmatan. Adapun masalah yang ada adalah ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan dokter yang datang tidak tepat waktu serta kenyamanan fasilitas yang ada di ruang tunggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan unit rawat jalan di poliklinik penyakit dalam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional lokasi penelitian ini di poliklinik penyakit dalam dan tempat pendaftaran pasien rawat jalan. Variable dalam penelitian ini adalah kompetensi petugas, hubungan interpersonal, kenyamanan dan kenikmatan, dan instrument dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menggunakan uji distribusi frekuensi dengan hasil 86% kurang puas pada kecepatan petugas dalam mengantarkan dokumen ke poliklinik yang dituju, 57% tidak puas dengan ketepatan waktu dokter dalam memberikan pelayanan, 77%kurang puas dengan ruang tunggu sudah dalam keadaan bersih dan rapi. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka penulis menyarankan pada RSUD.R.A Kartini Jepara untuk mengupayakan pelayanan dokter harus datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan, petugas TPPRJ diharapkan bisa lebih cepat dalam mengantarkan dokumen pasien ke poliklinik supaya tidak terjadi kesalahan komunikasi dengan petugas, ruang tunggu diusahakan lebih terjaga kebersihannya agar pasien merasa nyaman.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:33
    Last Modified: 20 Nov 2014 17:46
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7807

    Actions (login required)

    View Item