ARI, SUDIBYO ANGGO (2014) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PERILAKU INDIVIDU BERKENDARA DENGAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA REMAJA SMPN 2 MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR PALEMBANG TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (313Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Safety riding merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan dampak akibat kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan jenis kendaraan yang melintas di jalan raya, kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor mempunyai risiko yang tinggi dalam menyumbang kejadian kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dan perilaku berkendara dengan resiko Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja SMP N 2 Mesuji Raya. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan metode survei dengan pendekatan cross sectional.Populasi penelitian adalah siswa SMPN 2 Mesuji Raya kelas 7,8,9 berjumlah 215 siswa dan didapat sampel 66. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan minimal proporsional random Sampling. Uji yang digunakan adalah menggunakan korelasi Pearson Product Moment. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada SMPN 2 Mesuji Raya Sebagian besar responden menunjukkan masih memacu kecepatan yang melebihi ketentuan peraturan berkendara atau undang-undang lalu lintas yang berlaku. Hasil statistik menunjukkan ada hubungan antara mendengarkan musik saat berkendara dengan kecelakaan lalu lintas(p=0.011), penggunaan HP saat berkendara dengan kecelakaan lalu lintas (p=0.012), kecepatan mengendarai motor dengan kecelakaan lalu lintas (p=0.000), merokok saat berkendara dengan kecelakaan lalu lintas(p=0.001), dan konsentrasi saat berkendara dengan kecelakaan lalu lintas(p=0.023). Variabel yang tidak berhubungan keterampilan berkendara dengan kecelakaan lalu lintas(p=0.314), kepatuhan lalu lintas dengan kecelakaan lalu lintas(p=0.314) dan umur dengan kecelakaan lalu lintas (p=0.314). Remaja diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam mengendarai sepeda motor, tetap fokus dalam berkendara, tidak mengebut dan mematuhi peraturan tata tertib lalu lintas. Dalam hal penggunaan alat komunikasi (HP), diharapkan remaja dapat menggunakan sesuai tempatnya dan tidak menggunakannya di jalan raya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 15:09 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7915 |
Actions (login required)
View Item |