UDiNus Repository

KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014

FUZNA, ULINUHA ELSA (2014) KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (104Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK Fuzna Elsa Ulinuha KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014 Mutu adalah keseluruhan karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen, baik berupa kebutuhan yang dinyatakan maupun kebutuhan yang tersirat. Rawat jalan adalah pelayanan terhadap pasien yang masuk Rumah Sakit untuk keperluan observasi, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa tinggal di ruang rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional . Pengumpulan data terhadap 99 pasien dilakukan dengan cara membagikan angket / kusioner Hasil penelitian menunjukkan 56,56% responden puas terhadap tindakan yang cepat dan tepat terhadap pemeriksaan, pengobatan dan perawatan (reability) 54,54% responden puas dokter dan perawat yang memberikan reaksi cepat dan tanggap dan reponden tidak puas sebanyak 10,10% dalam aspek prosedur pelayanan yang tidak berbelit – belit (responsiveness), 51,51% responden puas dengan adanya jaminan keamanan dan Kepercayaan dan responden tidak puas dalam sebesar 14,14% dalam aspek kemampuan para dokter dalam menetapkan diagnosis penyakit (assurance), 56,56% responden puas di kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pasien (emphaty), 58,58% pasien puas terhadap kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan (tangibles). Peningkatan keterampilan pelayanan prima kepada tenaga medis dan non medis dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rawat jalan, serta evaluasi mutu pelayanan rawat jalan secara periodik diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 15:40
      Last Modified: 20 Nov 2014 12:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8005

      Actions (login required)

      View Item