UDiNus Repository

ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM HEADLINE IKLAN KOSMETIK MAJALAH MORE EDISI MEI 2013

MONICA, DESTIFANNY (2014) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM HEADLINE IKLAN KOSMETIK MAJALAH MORE EDISI MEI 2013. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
Download (3680b) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM HEADLINE IKLAN KOSMETIK MAJALAH MORE EDISI MEI 2013 Monica Destifanny, NPM: C12.2012.00431, 52 halaman isi, 2 halaman daftar pustaka, 25 halaman lampiran. Semarang: Program Studi Sastra Jepang, Universitas Dian Nuswantoro. Kata kunci : Tindak tutur ilokusi, tuturan, iklan kosmetik, headline, IFIDs. Skripsi ini membahas tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam headline iklan kosmetik majalah More edisi Mei 2013 dengan menggunakan teori IFIDs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kategori tindak tutur ilokusi dalam headline iklan kosmetik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan ancangan pragmatik. Hasil analisis dalam penelitian ini tindak tutur ilokusi yang muncul adalah tindak tutur ilokusi asertif, direktif, sedangkan tindak tutur ilokusi komisif, ekspresif dan deklaratif tidak ditemukan. Tindak ilokusi yang paling banyak ditemukan adalah tindak ilokusi asertif. Hal tersebut menunjukkan bahwa penutur (pengiklan) cenderung bermaksud agar mitra tutur (pembaca) mengetahui produk serta khasiat produk yang ditawarkannya sehingga muncul rasa ketertarikan untuk membeli dan mencoba memakai produk yang diiklankannya tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang
    Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang
    Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 16:21
    Last Modified: 20 Nov 2014 06:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8254

    Actions (login required)

    View Item