MUHAMAD, WAKHIT ABDUL (2014) Pemaknaan Metafora dalam Headline Majalah Iklan Motorfan Jepang Edisi Bersama Volume 56. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.
| PDF Download (244Kb) | Preview | |
| PDF Download (3606b) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas makna dan jenis metafora yang terdapat dalam headline iklan majalah Jepang Motorfan edisi bersama volume 56. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori “Knowles and Moon” dalam bukunya Introducing Methaphor tahun 2006, penelitian ini menganalisis 11 data dari sumber data yang berjudul Motorfan terbitan 29 Desember 2013. Skripsi ini mendeskripsikan hubungan antara makna harfiah dan makna metafora serta jenis metafora apa saja yang terdapat dalam data-data tersebut. Dari hasil identifikasi dan analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan hubungan antara makna harfiah dan makna metaforanya serta ditemukan 10 data merupakan jenis metafora konvensional dan 1 data merupakan jenis metafora kreatif. Selain itu, juga ditemukan bahwa sebagian besar data adalah personifikasi yang menunjukkan bahwa pengiklan bermaksud memberikan pemahaman kepada pembaca dengan cara memberikan citra atau gambaran mengenai produk melalui hal-hal atau sesuatu yang jelas, dekat, dan kongkret sehingga mudah dipahami.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 16:21 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 05:37 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8286 |
Actions (login required)
View Item |