BAYU, PRADITYA (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Bukit Cinta Ambarawa. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI Sektor pariwisata merupakan salah satu prioritas pengembangannya yang keberadaannya diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kegiatan lainnya. Keberhasilan suatu kegiatan pariwisata sangat ditentukan oleh tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan, hal ini akan berdampak kepada keputusan wisatawan berkunjung kepada tempat wisata tersebut. Bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruh dalam menentukan suatu keberhasilan strategi pemasaran. Dalam memahami bauran pemasaran jasa pariwisata tersebut, tidak lepas dari faktor strategi bauran pemasaran yang meliputi produk (wisata), harga (tiket masuk), promosi, lokasi, orang, proses dan pelayanan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan berkunjung di Objek Wisata Bukit Cinta Ambarawa dengan sampel yang diguakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden yang terdapat di Kabupaten Semarang dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji Kuesioner ( validitas dan reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas ),Uji Regresi Linier Berganda ,Uji Hipotesis (Uji t dan f) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi keputusan berkunjung adalah proses dengan nilai koefisien regresi 0,260. dan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai probabilitasnya adalah 0,001.Tempat, promosi, people, produk menjadi faktor kedua sampai empat yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,246; 0,229; 0,202; 0,163 dan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai probabilitasnya 0,004; 0,005; 0,009; 0,001.Sedangkan Harga dan Pelayanan tidak memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien regresi 0,048 dan -0,044. Secara simultan Produk,Harga,Promosi,Tempat,People,Proses,Pelayanan memliki pengaruh yang signifikan dengan nilai probabilitasnya 0,000 dan dalam pengujian koefisien determinasi ketujuh variabel diatas dapat dapat menerangkan variabel Y sebesar 88,6 %. Kata kunci : Produk,Harga,Promosi,Tempat,People,Proses,Pelayanan dan Keputusan Berkunjung
Actions (login required)