HERMAN, CAHYANTO (2012) Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Makanan Tahu Baxo Pak Jenggot Ungaran. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Saat ini banyak berdiri bisnis dibidang kuliner khususnya tahu bakso, sehingga persaingan dalam bisnis kuliner ini sangat ketat oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mencari dan menerapkan strategi yang paling tepat agar tetap mampu bersaing dengan para kompetitornya. Disamping itu pelanggan saat ini keinginannya semakin variatif dan kritis karena itu perlu bagi perusahaan untuk meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap lokasi, pelayanan dan harga yang diberikan perusahaan kepada pelanggan hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kuliner yang bersangkutan. Berkenaan dengan pelanggan tersebut dilakukan kajian mengenai pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan produk makanan Tahu Baxo Pak Jenggot. Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan Tahu Baxo Pak Jenggot Ungaran, dengan cara membagikan kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan yang menyangkut factor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu lokasi, pelayanan, harga dan loyalitas pelanggan. Untuk penelitian ini jumlah sampel yang yang digunakan sebanyak 100 pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pelanggan yang dipengaruhi oleh lokasi, pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Tekhnik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah dengan menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu tekhnik pengambilan sampel dengan mendasarkan pada cirri-ciri atau criteria tertentu, criteria sampel yaitu orang-orang yang sudah pernah membeli produk Tahu Baxo Pak Jenggot. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 72,7% ditunjukkan dalam tabel output SPSS Model Summary besarnya ( Adjusted R Square = 0,727 ), sementara sisanya 27,3% ( 100% - 72,7% ) loyalitas pelanggan Tahu Baxo Pak Jenggot Ungaran dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Lokasi, Pelayanan dan Harga serta Loyalitas Pelanggan
Actions (login required)