ARIS, SUSWANTO (2012) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pengguna Jasa Angkutan pada Kereta Api Kaligung Bisnis Jurusan Tegal - Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Produk jasa adalah sesuatu yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan, produk jasa adalah jenis produk yang tidak berwujud yang berupa aktivitas, manfaat, atau kepuasan. Harga adalah jumlah atau nilai yang ditukar terhadap suatu produk jasa, tempat adalah saluran distribusi dimana produk jasa dipasarkan, promosi adalah komunikasi pemasaran yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas suatu produk jasa yang ditawarkan, orang adalah seluruh partisipan yang terlibat dalam proses penyajian produk jasa, pendukung fisik adalah semua pendukung nyata yang digunakan dalam penyajian produk jasa, proses adalah semua prosedur dan pelayanan yang dilakukan pada semua aktivitas penyampaian produk jasa, keputusan pembelian adalah keputusan yang dilakukan oleh konsumen tentang membeli atau tidak pada suatu produk jasa. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, namun dalam penelitian ini yang di analisis adalah variable produk, harga, tempat, promosi, orang, pendukung fisik, dan proses, sedangkan objek yang dipilih adalah KA Kaligung Bisnis jurusan Tegal-Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara parsial dan bersama-sama terhadap keputusan pembelian pengguna jasa angkutan pada KA Kaligung Bisnis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen pengguna jasa angkutan kereta api Kaligung Bisnis jurusan Tegal-Semarang. Sampel penelitian ini adalah 100 orang penguna jasa KA Kaligung Bisnis. Jenis datanya adalah primer dengan metode pengumpulan data menggunakan keusioner. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan sebelumnya di uji dengan uji instrument (validitas dan reliabilitas) serta uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas). Hasil analisis dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1). Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2). Harga berpengaruh positif dan siginfikan terhadap keputusan pembelian. (3). Tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4). Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap eputusan pembelian. (5). Orang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (6). Pendukung fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (7). Proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kata kunci : produk, harga, tempat, promosi, orang, pendukung fisik, proses, dan keputusan pembelian.
Actions (login required)