GALANG, GIUSTRI PAN (2013) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA BUDAYA PURI MAEROKOCO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk menganalisis pengaruh dimensi Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, dan Keberwujudan terhadap kepuasan pengunjung di Puri Maerokoco Semarang. Dalam penelitian ini populasinya adalah pengunjung yang sedang berwisata di Puri Maerokoco Semarang, selanjutnya sampel yang diambil secara Accidential Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 120 pengunjung. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan SPSS for Windows versi 16,0 menunjukkan bahawa : Keandalan mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung, Ketanggapan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, Jaminan mempunyai pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung, Empati mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, Keberwujudan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Prosentase pengaruh Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, dan Keberwujudan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 48,7%, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, Keberwujudan
Actions (login required)