UDiNus Repository

EVALUASI TARGET PENJUALAN DENGAN METODE COST VOLUME PROFIT ANALYSIS (STUDI PUSTAKA PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA Tbk)

AHMAD, MUNIR MISBAKHUL (2013) EVALUASI TARGET PENJUALAN DENGAN METODE COST VOLUME PROFIT ANALYSIS (STUDI PUSTAKA PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA Tbk). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (62Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Analisis cost-volume-profit merupakan alat perencanaan jangka pendek yang menggunakan data perhitungan biaya langsung untuk menganalisis hubungan antara biaya, laba, bauran produk, dan volume penjualan. Dengan penelitian ini dapat membantu manajer dalam perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menentukan penjualan untuk mendapatkan laba bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengevaluasi penjualan pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk. selama empat tahun berturut-turut yaitu tahun 2007 sampai 2010. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini data kuantitatif berupa data yang berhubungan dengan laporan keuangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder yang berupa laporan keuangan periode tahun 2007-2010 yang diperoleh dari pojok BEI di pusat data Universitas Dian Nuswantoro. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis contribution margin, contribution margin ratio, analisis break even point, dan estimasi target penjualan. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa target penjualan perusahaan PT Ace Hardware Indonesia Tbk, pada periode tahun 2007-2010 terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut di karenakan tejadi peningkatan dalam permintaan produk yang dijual didalam perusahaan, serta perluasan wilayah penjualan yang dilakukan oleh PT Ace Hardware Indonesia Tbk sehingga mempengaruhi peningkatan dalam break even point, contribution margin, dan contribution margin ratio. Peningkatan rencana penjualan yang terjadi dalam perusahaan menunjukkan bahwa kondisi PT Ace Hardware Indonesia Tbk sudah cukup baik. Kata kunci : Cost Volume Profit, Biaya, Volume Penjualan, Rencana Penjualan

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:47
      Last Modified: 20 Nov 2014 01:40
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8505

      Actions (login required)

      View Item