UDiNus Repository

Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pelembab Muka Ponds di Kota Semarang

NOVI, PRAMUDYANINGSIH RAHAYU (2013) Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pelembab Muka Ponds di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (346Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam menghadapi dunia bisnis pada era globalisasi ini semakin hari semakin berkembang, hal ini dapat ditandai dengan adanya persaingan antar perusahaan satu dengan perusahaan lainnya untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi Ponds untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan melibatkan selebriti sebagai bintang iklan dalam suatu produk. Sehingga, Ponds untuk lebih meningkatkan minat beli konsumen dengan menggunakan bintang iklan yang berasal dari kalangan selebriti yang memiliki image positif, menarik bahkan terkenal. Permasalahan yang dialami Ponds sendiri adalah pada Indonesia Best Brand Indeks Kategori Pelembab Muka yang mengalami penurunan pada tingkat kepuasan (satisfaction) dan pertumbuhan Best Brand Indeks untuk Brand Value dari tahun ke tahun juga mengalami penurunan. Penelitian ini mengkaji pengaruh Attractiveness (Daya Pikat), Trustworthiness (Dapat Dipercaya), Expertise (Keahlian) dari seorang selebriti dalam iklan terhadap minat beli konsumen. Kredibilitas selebriti ini berpengaruh pada sikap terhadap iklan dan niat pembelian konsumen. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 125 responden, metode yang digunakan adalah Nonprobability Sampling Method yaitu Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan SEM (Structural equation modeling) menggunakan program AMOS 16.0. Hasil analisis SEM (Structural equation modeling) diperoleh bahwa faktor yang paling mempengaruhi minat beli konsumen adalah Keahlian (Expertise), hal ini dibuktikan dengan nilai standardized regression weights pada Estimate yang terbesar. Keahlian (Expertise) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap terhadap iklan. Semakin kuat keahlian yang dimiliki seorang selebriti maka akan meningkatkan perasaan suka konsumen terhadap iklan tersebut.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:49
      Last Modified: 19 Nov 2014 23:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8584

      Actions (login required)

      View Item