ANDROMEDHA, NUGROHO WISNU (2013) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIK YAMAHA DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produknya dengan beriklan. Iklan cenderung dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk Oleh karena itu beriklan dituntut efektif agar memberi pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Yamaha yang telah membelanjakan banyak uang untuk membuat iklan sepeda motor matik mengalami penurunan pangsa pasar dari tahun ke tahun sehingga direbut oleh honda sebagai market leader sepeda motor matik. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang tidak biasa, kreatif dan dapat menarik perhatian khalayak sehingga iklan tersebut dapat efektif dan bisa meningkatkan penjualan dan dapat merebut kembali pangsa pasar yang direbut oleh Honda. Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari kualitas pesan, daya tarik iklan, dan frekuensi penayangan terhadap efektivitas iklan televisi dan pengaruh efektivitas iklan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) Versi 7.0. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Semarang dengan kriteria merupakan pengguna sepeda motor matik Yamaha dan pernah melihat iklan sepeda motor matik Yamaha. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pesan, daya tarik iklan, dan frekuensi penayangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan baik secara parsial maupun simultan. Efektivitas iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Actions (login required)