SEKAR, SARI GALIH (2013) Dampak dari Taktik Relationship Marketing pada Kualitas Hubungan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Giant Supermarket di kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Dalam menghadapi persaingan yang ketat pada sektor jasa, perusahaan harus dapat menjalankan konsep pemasaran yang tepat, bagaimana perusahaan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan harapan pelanggan sehingga dapat memberikan kepuasan. Produk atau jasa yang bisa memuaskan adalah produk atau jasa yang dapat memberikan sesuatu yang dicari oleh konsumen sampai pada tingkat cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis taktik manakah yang memberikan kontribusi positif pada loyalitas pelanggan Giant supermarket di Kota Semarang dan untuk mengetahui sejauh mana dampak dari taktik hubungan pemasaran pada loyalitas pelanggan Giant supermarket di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Giant supermarket di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive atau judgemental sampling. Teknik analisis data menggunakan SEM. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: a) Kualitas pelayanan yang tinggi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. b) Kualitas pelayanan yang tinggi berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. c) Harga yang rasional berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. d) Harga yang rasional berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. e) Citra merk berpengaruh kepuasan pelanggan. f) Citra merk berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. g) Kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. h) Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
Actions (login required)