UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND RESONANCE MELALUI STUDI BRAND SALIENCE PADA PEMBACA HARIAN SUARA MERDEKA DI SEMARANG

MICHAELA, WIJAYA PRATIWI (2014) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND RESONANCE MELALUI STUDI BRAND SALIENCE PADA PEMBACA HARIAN SUARA MERDEKA DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (469Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Ekuitas merek tercapai bila terjadi ikatan psikologis antara merek dengan konsumen, sehingga tercipta Brand Resonance. Pemasar melakukan upaya untuk menciptakan resonansi merek Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Brand Resonance. Penelitian ini bertujuan menguji lima hipotesis yaitu semakin tinggi Brand Salience maka semakin tinggi Brand Resonance, semakin tinggi Brand Salience maka semakin tinggi Keputusan Pembelian, semakin tinggi Keputusan Pembelian maka semakin tinggi Brand Feeling, semakin tinggi Perceived Quality maka semakin tinggi Brand Feeling, dan semakin tinggi Brand Feeling semakin tinggi BrandResonance. Sampel penelitian ini adalah para pembaca Surat Kabar Suara Merdekayang mengambil keputusan pembelian dan tinggal di Semarang. Jumlah responden adalah 135 orang. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dari paket software AMOS 19. Pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis konfirmatori. Selanjutnya dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) untuk pengujian hubungan kausalitas antar variabel-variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh brand salience, keputusan pembelian, perceived quality,brand feeling dan brand resonance. Hasil pengujian telah memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu chi square =103,351 ; probability = 0,075; GFI = 0,896; CFI = 0,967; TLI = 0,959; RMSEA = 0,044; CMIN/DF = 1,230. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan Brand Resonance dapat dicapai melaui Brand Feeling yang diperoleh dari keyakinan keputusan pembelian karena kemenonjolan merek (Brand Salience) serta mendukung pendapat Keller (2009) dan Suroija (2010).

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:52
      Last Modified: 19 Nov 2014 20:23
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8676

      Actions (login required)

      View Item