UDiNus Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak (Studi Kasus pada WPOP di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat)

DONNY, HALIM (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak (Studi Kasus pada WPOP di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (150Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pembangunan nasional adalah kegiatan yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik materiil maupun spiritual. Untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut perlu banyak memperhatikan masalah pembiayaan pembangunan. Salah satu usaha untuk mewujudkan kemandirian suatu bangsa atau negara dalam pembiayaan pembangunan yaitu menggali sumber dana yang berasal dari dalam negeri berupa pajak. Pajak digunakan untuk membiayai pembangunan yang berguna bagi kepentingan bersama (Waluyo dan Wirawan, 2000). Peningkatan sikap/kesadaran masyarakat di bidang perpajakan harus ditunjang dengan kualitas pelayanan yang mendukung peningkatan peran aktif masyarakat serta pemahaman akan hak dan kewajibannya dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan perpajakan. Menurut Supadmi (2009) peningkatan kualitas pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pada Wajib Pajak sebagai pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepatuhan dalam bidang perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan sikap Wajib Pajak terhadap kepatuhan pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Conveniance Sampling dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 orang WPOP efektif di KPP Pratama Semarang Barat. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didalamnya terdapat Uji Reliabilitas dan Validitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas), Uji Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji F dan t), dan Koefisien Determinasi. Hasil Uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan sikap Wajib Pajak berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat. Dan hasil Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat dan juga sikap Wajib Pajak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Semarang Barat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:52
      Last Modified: 19 Nov 2014 20:04
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8686

      Actions (login required)

      View Item