ANINDYA, ASTARI (2014) Implikasi Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada SETDA Kabupaten Kendal). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (3844b) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah partisipasi anggaran mempunyai pengaruh terhadap senjangan anggaran. Variabel independen dalam penelitian ini adalah partisipasi anggaran dan komitmen organisasi, variabel dependennya adalah senjangan anggaran. Penelitian ini selain muntuk mengetahui apakah partisipasi anggaran mempunyai pengaruh terhadap senjangan anggaran, juga untuk mengetahui apakah komitmen organisasi merupakan variabel moderating. Variabel moderating dalam penelitian ini adalah hasil dari interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi, dari hasil interaksi tersebut dapat diketahui apakah komitmen organisasi merupakan variabel moderating atau bukan. Populasi dalam penelitian ini adalah SETDA Kabupaten Kendal. Sampel pengambilan piopulasi sebanyak 36 yang dapat diolah, data diperoleh dari kuesioner dan data analisisnya menggunakan analisis linear berganda . Data yang diperoleh diolah dengan bantuan computer SPSS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel independen partisipasi anggaran, komitmen oprganisasidan interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi senjangan anggaran. Sedangkan deteksi pure moderator dalam penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi bukan sebagai variabel moderating, karena interaksi koefisien variabel dan nilai signifikansinya tidak signifikan pada 0.05.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 16:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 19:59 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8688 |
Actions (login required)
View Item |